Sudah Tahu Cara Alami Hilangkan Kecanduan Rokok ?

Rasa candu memang sangat susah untuk dihilangkan, begitu pula dengan rasa candu pada rokok. Selain niat dan tekad yang tinggi, menghilangkan sebuah candu juga harus diimbangi dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Salah satu usaha yang dapat kamu lakukan adalah, dengan mengonsumsi makanan yang ampu menghilangkan rasa candu. Yuk simak apa saja makanan, yang mampu menhilangkan rasa kecanduan rokok berikut.

Beberapa Makanan dan Minuman Untuk Pecandu Rokok

  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Rasa candu yang dimiliki para pecandu rokok, dapat diatasi dengan mengonsumsi sayuran. Beberapa syauran yang terbukti mampu mengatasi rasa candu adalah wortel, brokoli, seledri, timun, dan terong. Dengan sering mengonsumsi sayuran, maka nutrisi dalam tubuh semakin bertambah. Cita rasa rokok pun dapat berkurang, sehingga pecandu tidak lagi merasakan rasa manis pada rokok.

Umumnya, masyarakat yang kecanduan rokok akan memakan cemilan untuk mengalihkan perhatian dari rokok. Cemilan yang dikonsumsi pun harus diatur, agar tidak menimbulkan risiko kegemukan akibat terlalu banyak lemak yang dikonsumsi. Anda dapat menggunakan batang seledri, atau wortel sebagai kudapan.

Rasa candu dari rokok pun dapat hilang, jika anda mengonsumsi berbagai sayuran hijau. Brokoli adalah salah satu sayuran hijau, yang tersebukti ampuh untuk menghilangkan rasa candu seseorang pada rokok. Selain menghilangkan rasa candu pada rokok, brokoli pun dapat meminimalisir risiko kanker paru – paru akibat asap yang dihirup.

Brokoli memiliki kandungan zat sulforaphane, yang mampu meningkatkan serta menambah kinerja gen NRF2 sehingga mampu menjaga paru-paru dari racun nikotin. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran secara imbang, yaitu sayuran manis dan sayuran pahit. Hal ini karena apabila terus mengonsumsi sayur yang manis, justru memancing untuk kembali kecanduan rokok.

  1. Makanan Bervitamin C

Menghilangkan rasa candu pada rokok, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini karena perasaan yang dirasakan oleh pecandu rokok adalah, sebuah perasaan ingin terus menghisap rokok. Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan rasa candu ini, salah satunya adalah dengan mengunyah permen karet.

Namun apabila setelah mengunyah permen karet dirasa belum cukup untuk menghilangkan rasa candu, maka para ahli kesehatan menyarankan utuk mengonsumsi vitamin C. menurut para ahli tersebut, rasa candu serta kebiasaan untuk merokok dapat mengurangi kadar vitamin C pada tubuh. Vitamin C yang dimiliki tubuh ditukar dengan elemen lainnya, yaitu elemen yang bersumber dari nikotin.

Oleh karena itu, pecandu rokok dapat disingkirkan perlahan dengan menambah kadar vitamin C dalam tubuh. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, delima, lemon, dan buah – buahan lainnya. Dengan sering mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, dapat mengurangi rasa ketergantungan serta kecanduan rokok secara perlahan.

  1. Mengonsumsi Susu

Cara menghilangkan rasa candu, tidak hanya dari makanan saja. Susu pun sangat ampuh digunakan untuk para pecandu rokok. Kandungan nikotin yang ada pada rokok, mampu meningkatkan rasa enak pada penghisap rokok, sedangkan susu justru membuat rasa rokok menjadi pahit.

Oleh karena itu, banyak yang memulai rencana berhenti rokok dengan meminum susu. Hal terpenting yang perlu diberikan kepada pecandu rokok adalah, rasa pahit sehingga menghilangkan perasaan lega dan enak ketika menghisap rokok. Bahkan ada beberapa pecandu rokok yang telah mencobanya, mereka mengatakan rasa serta kepuasan menjadi berkurang setelah rutin meminum susu.

Dikutip dari https://www.harapanrakyat.com/, para peneliti pun telah membuktikan melalu hasil yang mereka lakukan, bahwa susu dapat menghilangkan selera masyarakat yang kecanduan rokok. Penelitian ini terbukti valid, karena melibatkan 209 responden perokok aktif. Pada penelitian tersebut, sebesar 19% responden enggan untuk merokok karena berkurangnya cita rasa pada rokok karena susu.

Sementara untuk minuman yang justru memicu serta menambah cita rasa dari rokok adalah alkohol dan daging. Sebanyak 44% pengaruh alkohol dapat memicu keinginan untuk kembali merokok, sedangkan sebanyak 11% utuk daging.

Dengan mengonsumsi daging, justru membuat perokok aktif menjadi sangat berselera. Faktor lainnya yang juga meningkatkan cita rasa rokok adalah kopi, teh, serta cola.

Bagi seseorang yang telah merokok, tentu sangat susah untuk berhenti. Hal ini karena zat adiktif yang telah menempel pada tubuh, membuatnya ingin terus merasakan rokok.

Hal pertama yang sering dilakukan umumnya adalah, dengan mengunyah permen karet. Namun jika dirasa kurang efektif, pecandu rokok dapat mengonsumsi sayuran hijau atau makanan yang mengandung vitamin C.