Tanya Dokter Seputar Kehamilan untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Kandungan

Saat mengandung, ibu menjadi inkubator bagi janin yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, kesehatan ibu sangat penting untuk dijaga karena berhubungan langsung dengan kesehatan calon bayi. Dari obat-obatan vitamin hingga makanan diberikan pada ibu untuk tujuan menjaga kesehatan sekaligus menguatkan janin dalam kandungan. Untuk jenis obat dan vitamin yang perlu dikonsumsi, Anda dapat tanya dokter seputar kehamilan di aplikasi Halodoc agar tak salah memilih multivitamin. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin dari makanan sehari-hari. Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah lebih? Berikut ini daftarnya:

  • Gandum.

Gandum merupakan sumber kalori dan karbohidrat yang lebih baik dibandingkan nasi bagi ibu hamil. Gandung juga kaya akan serat, vitamin E dan selenium yang baik untuk pencernaan serta pertumbuhan janin. Anda bisa mengkonsumsi gandum utuh atau oat maupun dalam bentuk kue tawar.

  • Nasi merah.

Selain gandum, nasi merah juga merupakan alternatif pengganti nasi yang lebih baik bagi ibu hamil. Selain lebih kaya serat, nasi merah juga lebih rendah gula sehingga mengurangi ibu dan bayi mengalami diabetes.

  • Ubi.

Makanan tradisional ini ternyata sangat baik untuk bayi Anda. memiliki nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan mata, tulang hingga otak janin. Ubi mengandung vitamin B6, potasium, zat besi, betakaroten dan vitamin C. Selain bergizi, ubi juga mengenyangkan dan kaya akan kalori.

  • Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan mengandung zat besi, folat, calsium dan zinc yang dibutuhkan ibu hamil dalam kadar yang lebih tinggi dari biasanya. Mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari akan membuat ibu lebih mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan bayi. kacang-kacangan yang sebaiknya dipilih adalah almond, kacang merah, kacang tanah hingga sayur kacang panjang.

  • Daging merah tanpa lemak.

Daging yang dimasak matang akan baik untuk kesehatan ibu dan janin. Daging merupakan sumber protein hewani dan juga sumber vitamin B6 dan B12 untuk perkembangan otak bayi.

  • Telur.

Telur kaya akan kaolin dan protein yang dibutuhkan janin untuk perkembangannya. Di trimester terakhir, ibu sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi telur rebus untuk membantu memenuhi gizi janin sebelum dilahirkan.

  • Brokoli.

Sayuran lainnya yang harus dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah banyak adalah brokoli yang kaya akan zat besi. Selain zat besi, sayuran hijau yang enak ini juga kaya zat folat dan calsium. Fungsi brokoli antara lain untuk mencegah ibu mengalami anemia dan sebagai sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang janin.

  • Susu.

Susu sapi atau susu kambing bisa menjadi minuman yang menyehatkan untuk ibu hamil. Susu kaya akan kalsium yang dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak saat mengandung. selain susu yang diminum secara langsung, Anda juga bisa mengkonsumsi derivat susu seperti yogurt atau keju.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Selain dalam bentuk makanan, Anda juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dengan mengkonsumsi multivitamin yang tepat. Untuk memilih mana yang tepat, tanya dokter seputar kehamilan di Halodoc akan bisa membantu. Halodoc merupakan wadah untuk masyarakat melakukan konsultasi secara tidak langsung atau online dengan tenaga ahli yaitu dokter-dokter spesialis. Miliki aplikasi Halodoc dan manfaatkan semaksimal mungkin untuk Anda dan keluarga meningkatkan taraf kesehatannya secara mandiri.