Mata Kering Akibat Bermain Gadget, Gunakan Insto Dry Eyes

Menggunakan Gadget yang terlampau lama akan menimbulkan berbagai rasa tidak nyaman pada mata, seperti mata perih, merah, gatal dan berair. Berbagai rasa tidak nyaman tersebut merupakan gejala yang timbul akibat mata yang kering. Seberapa berbahaya mata yang kering akibat gadget dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut pembahasannya.

Mengapa Gadget Membuat Mata Menjadi Kering

Sindrom Mata kering merupakan kondisi dimana mata tidak terlubrikasi dengan baik karena kurang optimalnya kinerja air mata. Air mata merupakan cairan yang memiliki berbagai kandungan seperti air, minyak, protein, lendir dan antibodi yang berguna untuk mendukung fungsi penglihatan dan kesehatan mata.

Kurang optimalnya kinerja air mata disebabkan oleh 2 hal yaitu produksi air mata yang kurang baik dan penguapan air mata. produksi air mata terjadi di kelenjar lakrimal yang berada di bagian atas sudut mata. Umumnya masalah produksi air mata disebabkan oleh faktor hormon, kondisi medis tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu dan asupan gizi serta cairan.

Penguapan air mata disebabkan oleh aktivitas serta lingkungan seperti pada penggunaan gadget. Penggunaan gadget mengharuskan kita fokus sehingga mengurangi reflek berkedip. Manusia normal umumnya berkedip sebanyak 15 kali per-menit. Namun ketika menggunakan gadget, refleknya akan menurun 3 kali lipat menjadi hanya 5 kali per-menit.

Padahal berkedip adalah cara mata untuk melakukan lubrikasi dan membersihkan kotoran pada mata. Berkedip juga merangsang mata untuk mengeluarkan air mata. Reflek berkedip yang menurun membuat air mata menguap karena mata terbuka terlalu lama dan tidak mengeluarkan air mata, akibatnya mata sepet dan menjadi kering.

Faktor lingkungan yang tidak mendukung seperti ruangan ber-AC dapat mempercepat penguapan air mata. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan lain yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti membaca dan menulis, meskipun efeknya tidak separah saat terpapar layar gadget.

Gejala yang Timbul saat Mata Menjadi Kering

Gejala umum mata yang kering adalah mata pegel, mudah lelah, berair, terasa seperti berpasir, penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya dan kelopak mata menjadi lengket dan sulit dibuka saat bangun tidur. Jika kondisi ini dibiarkan akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius seperti luka pada kornea, peradangan atau konjungtivitis dan gangguan penglihatan.

Cara Mengatasi Mata yang Kering

Mengatasi mata yang kering dapat dilakukan dengan menggunakan Insto Dry Eyes. Kandungan Insto Dry Eyes yang diformulasikan khusus sehingga sangat mirip dengan air mata dapat mengatasi masalah mata yang kering akibat terlalu lama menggunakan gadget. Insto Dry Eyes dapat menjadi pengganti sementara air mata untuk melakukan fungsi lubrikasi mata.

Mencegah Mata Menjadi Kering

Pencegahan bisa Anda lakukan dengan mengurangi durasi penggunaan gadget. Jika hal itu tidak memungkinkan Anda bisa mengatur kecerahan layar agar nyaman bagi mata dan menggunakan kacamata anti radiasi dan anti sinar ultraviolet. Usahakan untuk berkedip secara sadar untuk mengurangi proses penguapan air mata.

Anda juga bisa menggunakan teknis 20-20-20, dimana setiap Anda menggunakan gadget selama 20 menit, Anda harus beristirahat selama 20 detik dengan memandang objek yang berjarak 20 kaki (6 meter). Kegiatan ini dapat membantu mengurangi resiko mata menjadi kering serta mengurangi ketegangan pada mata akibat aktivitas fokus visual tinggi.

Sebenarnya gadget tidak mengganggu mata, namun cara penggunaannya yang berlebihan dapat membuat mata menjadi tegang dan beresiko menyebabkan mata menjadi kering. Jika Anda merasakan mata lelah dan kering segeralah gunakan Insto Dry Eyes untuk menghindari masalah yang lebih serius dan berkelanjutan.